Langkah-langkah Cek NPSN Sekolah secara Online


Langkah-langkah Cek NPSN Sekolah secara Online

Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) adalah kode unik yang diberikan kepada setiap sekolah di Indonesia. NPSN sangat penting karena digunakan untuk keperluan administrasi dan pelaporan data sekolah. Untuk mengecek NPSN sekolah secara online, ada beberapa langkah yang perlu diikuti.

Langkah pertama adalah mengakses situs resmi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemenag di alamat Setelah itu, pilih menu “Cek NPSN”. Kemudian, masukkan data yang diminta seperti nama sekolah, Kabupaten/Kota, dan Provinsi. Pastikan data yang dimasukkan adalah sesuai dengan yang terdaftar di Dapodik.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan kode keamanan yang tertera pada halaman tersebut. Setelah itu, klik tombol “Cek NPSN”. Jika data yang dimasukkan benar, maka NPSN sekolah akan muncul sebagai hasil pencarian.

Apabila NPSN sekolah tidak ditemukan atau terjadi kesalahan dalam pencarian, sebaiknya hubungi Dinas Pendidikan setempat atau pusat bantuan Dapodik untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Mengecek NPSN sekolah secara online memudahkan dalam pengelolaan data sekolah. Dengan NPSN yang valid, proses administrasi dan pelaporan data sekolah akan menjadi lebih akurat dan efisien.

Referensi:
1.
2. Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.